Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo, Ajak Guru dan Siswa-Siswi Tanam Pohon Kelengkeng

, 4 Februari 2022 154 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Di hari Jum’at, 4 Februari 2022, SMPN 1 Taman, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo mengadakan kegiatan peringatan Hari Lahan Basah Sedunia 2022 di kawasan Sekolahan.

Dalam memperingati Hari Lahan Basah melalui penanaman pohon, salah satunya pohon kelengkeng, bertujuan memberikan informasi tentang lahan basah kepada siswa- siswi, agar kepedulian pada lingkungan dan menambah pengetahuan dalam menanam pohon pada lahan basah

Acara penanaman pohon kelengkeng di Lahan Basah ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan guru, SMP Negeri 1 Taman. Dalam hal ini untuk menjaga dan memelihara lahan basah yang ada di sekitar Sekolahan, khususnya dalam menghadapi perubahan iklim.

Dalam sambutannya, Bpk Drs Achmad Lutfi, MM, selaku Kepala Sekolah SMP N 1 Taman menyebutkan, bahwa lahan basah memiliki peran yang sangat penting bagi manusia dalam menghadapi perubahan iklim.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif siswa dan masyarakat sekitar sekolah dalam melakukan upaya konservasi lahan basah serta semakin tersosialisasikannya keberadaan dan peran penting SMPN 1 Taman,” tuturnya, Jum’at (4/2/2022).

Di tempat yang sama, Ibu Ghinatul Ilmi, S.Pd M.Si, Ketua Adiwiyata mengatakan,
Dengan adanya peringatan Lahan Basah Sedunia kita akan menanam semua tumbuhan dan untuk menyimpan air, kalau tanaman itu banyak pastilah kita tidak akan kekurangan air, dan kita akan berkecukupan air,” ujarnya.

“Melalui peringatan Hari Lahan Basah Sedunia ini guru dan Siswa SMPN 1 Taman ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon kelengkeng, beliau mengajak siswa untuk menjaga ekosistem lahan basah dan menjadikan budaya peduli lingkungan.

Lahan basah diawali dengan perubahan kondisi tanah atau degradasi. Lahan basah adalah ekosistem yang berkontribusi pada keanekaragaman hayati.

“Kegiatan ini selain mengajak siswa- siswi SMPN 1 dalam menanam kelengkeng, juga memberikan kesempatan untuk “mengajarkannya” kepada adik-adik untuk peduli dan cinta lingkungan,” tambahnya.

Waka Kesiswaan SMPN 1 Taman, Ibu Sulis Martha Sayekti, S.Pd.S.Si, dirinya mengatakan bahwa siswa-siswi SMPN 1 Taman menyambut antusias membawa tanaman dari rumah untuk ditanam sendiri, karena tanamannya bervariasi maka dipetak- petakkan sesuai jenis tanaman itu sendiri, misalnya jenis tanaman hias, dan apotik hidup.

Jadi dengan adanya Hari Lahan Basah Sedunia ini merupakan momentum yang baik untuk menciptakan cinta kepada lingkungan, baik itu kadar air yang harus terus tercukupi, maupun penyediaan udara yang bersih sehingga minat belajar anak-anak akan didukung dengan kenyamanan sehingga menghasilkan prestasi dengan baik dan bagus lagi.

Lebih lanjut menurut Ibu Sulis Martha, “kita akan menanam pohon lebih banyak lagi, hal ini dimaksudkan untuk lebih menghijaukan SMPN 1 Taman,” pungkasnya. (Nuri/Red)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *