Pemdes Suko Gelar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa

11 Juni 2023 1 KALI DILIHAT

SIDOARJO//MediaSorotMata.com – Wakil Bupati H.Subandi, SH menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan desa suko kecamatan aidoarjo Tahun 2023, Sabtu (10/6/2023) di Hotel Kartika Wijaya Batu.

Kegiatan ini yang diselenggarakan selama 2 hari kedepan ini diikuti oleh seluruh perangkat pemerintahan Desa Suko, BPBD dan juga karang taruna.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan peningkatan kapasitas aparatur di suatu pemerintahan itu sangat penting apalagi dalam hal membangun suatu harmonisasi sebagai percepatan pembangunan yang ada di desa Suko.

Dengan adanya peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan tentunya punya daya mendorong di mana antara pemerintah Desa dengan sekretaris dan perangkat desanya dalam peran dalam membangun pemerintah Desa.

“koordinasi dengan lembaga desa termasuk BPD termasuk tim penggerak PKK begitu juga karang taruna tentu ini harus kita lakukan untuk sebagai percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah Desa serta misi tanpa itupun pemerintah tidak akan bisa menjalankan fungsinya tanpa membangun kerjasama dengan baik dalam menjalankan pemerintahan maka dari itu peran kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa Desa tentunya bisa memberdayakan masyarakat” katanya

kepala desa telah mencakup tugas membantu perannya bupati dan wakil bupati, camat sebagai pemerintahan yang paling bawah yang langsung menyentuh masyarakat maka dari itu sungguh luar biasa kegiatan seperti ini dapat terlaksana dan pemerintah akan mendukung dan mendorong penuh kegiatan seperti ini.

Musyawarah desa adalah musyawarah antara badan pejabat desa dan pemerintah desa serta unsur masyarakat yang diselenggarakan badan permusyawaratan desa untuk membahas hal yang bersifat strategis untuk itu kepala desa harus produktif punya kegiatan punya visi dan misi ini di mana pembangunan bisa berjalan dengan baik.

Apabila visi dan misi pimpinan didukung oleh lembaga-lembaga di bawahnya dengan diselenggarakannya kegiatan ini maka akan menjawab terutama bapak kepala desa akan visi serta tugasnya. Karena tugas perangkat desa membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya.

Antara pemerintah desa serta perangkatnya dalam pemerintahan desa antara sekdes dan kepala desa harus sinkron karena ada kalanya tidak menemukan sinkronan untuk itu dengan kegiatan ini tentu kita akan mendorong agar bapak kepala desa dapat menjalankan tugas dan fungsinya menjadi lebih baik.

“semoga segala pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik karena kepala desa dalam rangka melaksanakan pemerintahan desa, pembangunan desa sangat membutuhkan peran serta perangkat desa di mana dalam membantu bapak camat tanya sampai ke bawah saya sangat mendukung dan mendorong kegiatan seperti ini,” tambahnya

Musyawarah desa adalah musyawarah yang diselenggarakan antara kepala desa dan semua unsur perangkat desa oleh badan musyawarah desa untuk mendapati hal yang bersifat strategis, dii mana kepala desa punya program punya kegiatan visi dan misi ini di mana membangun kegiatan bisa berjalan dengan baik BPBD sebagai badan musyawarah ke desa apabila visi dan misi kepala desa didukung dengan program-program desa yang lain.

Perangkat desa adalah membantu kepala desa dalam tugas dan kewenangannya perangkat desa membuat dan membantu menyampaikan laporan sesuai dengan bidang dan tugasnya secara tepat kepada kepala desa.

“Begitupun dengan BPD yang mempunyai fungsi membahas rancangan pembangunan desa bersama kepala desa saya harapkan koordinasi yang baik antara BPD dan kepala desa juga peran karang taruna dalam membantu kepala desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa agar pembangunan dalam pemerintahan desa berjalan dengan baik,”pungkasnya. (Nuri)

Related posts

Komentar