Himbauan Kadisdik Jatim Jaga Kondusifitas dan Stabilitas di Sekolah Pada Sosialisasi PPDB 2024/2025

21 Maret 2024 15 KALI DILIHAT

BOJONEGORO/MEIASOROTMATA.COM – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur merampungkan 6 tahap sosialiasasi teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Timur Tahun Ajaran 2024/2025 di Kabupaten Bojonegoro.

Sasaran tahap yang terakhir ini adalah para pejabat eselon IV cabang dinas, Kepala sekolah SMA Negeri, SMK Negeri, serta operator cabdin dan operator sekolah di wilayah Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik. Kegiatan sosialisasi berlangsung mulai tanggal 20 Maret sampai 22 Maret 2024 di Aston City Hotel Bojonegoro.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai meminta kepada seluruh penyelenggara tetap memegang teguh aturan-aturan yang sudah ditetapkan didalam petunjuk teknis (juknis).
“Juknis sebagai pegangan dan rujukan kita bersama, kita harus memahami dan memegang teguh aturan didalamnya,”tuturnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Pj Walikota Batu tersebut mengingatkan kepala sekolah agar tidak terburu buru mengeluarkan statement yang nantinya bisa menjadi boomerang.

“Jaga kondusifitas dan stabilitas di sekolah, jangan mengeluarkan statement yang bisa menjebak bapak ibu sendiri, jika kurang jelas terkait aturan PPDB lebih baik silent menunggu lampu hijau dari Dinas Pendidikan Provinsi atau UPT TIKP sebagai inisiator PPDB,”terangnya.

Dia juga mengungkapkan pentingnya sosialisasi secara berimbas dari cabang dinas ke pengawas, dari sekolah ke komite sehingga informasi PPDB bisa sampai ke masyarakat dengan mengadakan bimtek maupun rapat kerja, serta pentingnya membuka layanan terkait PPDB di sekolah.
“Kita perlu membuka command center atau pusat layanan untuk memberikan informasi, menerima masukan, saran dan menjawab pertanyaan terkait PPDB yang belum dimengerti oleh masyarakat,”tuturnya.

Dia berharap ada pembentukan kepanitiaan di sekolah yang nanti akan menandatangani pakta integritas, yaitu antara kepala sekolah dengan kepala dinas, dan antara operator kepala cabang dinas.

“Sebagai bentuk keseriusan dan integritas kita bersama untuk menjaga PPDB ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku,”ungkapnya. (Jal)

Related posts

Komentar