Kemenag Kucurkan Rp11,2 Triliun Untuk Dana BOS Madrasah

19 Juli 2023 11 KALI DILIHAT

JAKARTA//MediaSorotMata.Com – Kementerian Agama (Kemenag) menganggarkan Rp11,2 triliun untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA). Target penerima bantuan itu mencapai 10,4 juta siswa.

“Alokasi ini sangat besar karena tahun ini sudah memperhitungkan tingkat kemahalan daerah atau BOS Majemuk,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Isom Yusqi dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Juli 2023.

Isom mengatakan alokasi dana BOS terbagi menjadi dua. Pertama, Rp2,1 triliun untuk 1.805.418 siswa madrasah negeri. Sedangkan Rp8,9 triliun akan diberikan kepada 8.640.033 siswa madrasah swasta.

“Adapun anggaran BOP RA sebesar Rp808,2 miliar untuk 1.347.049 siswa,” jelas dia.

Isom menjelaskan BOS Majemuk adalah kebijakan pendanaan yang menetapkan nilai sesuai tingkat kemahalan di daerah madrasah berada. Sehingga, anggaran BOS setiap daerah tidak lagi sama rata.

“Madrasah harus bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan dana BOS untuk peningkatan mutu pendidikan di madrasah,” tegas dia.

Isom mengingatkan lembaga pendidikan mesti menerapkan tata kelola bantuan dengan baik. Kemudian, mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana sesuai aturan yang telah ditetapkan. (Asko/Nang)

Related posts

Komentar