Bupati Muhdlor Produktifkan Lagi Lahan Pertanian Sawah Seluas 23 Hektar Yang Mangkrak Tujuh Tahun

, 16 Januari 2022 15 KALI DILIHAT

SIDOARJO, MediaSorotMata.com – Lahan persawahan seluas 23 hektar yang mangkrak selama 7 tahun itu oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor akan kembali difungsikan. Lahan yang berada di Desa Kedungrawan Dusun Gempolrawan, Kecamatan Krembung tersebut merupakan tanah kas desa dengan luas sekitar 3 hektar dan sisanya milik 76 orang warga setempat.

Kendala yang dihadapi para petani saat dilakukan penanaman padi tidak pernah berhasil atau selalu gagal panen. Penyebabnya karena sistem pengairan di sawah tersebut tidak ada, hal ini yang menyebabkan kualitas tanaman pagi tidak bagus karena banyak ditumbuh rumput.

“Permasalahannya ini air bisa masuk ke persawahan tapi tidak bisa keluar karena tidak ada saluran irigasinya. Kalau ditanami padi kualitasnya jadi buruk dan akan gagal panen karena banyak ditumbuhi rumput liar,” ujar Muhdlor. Jum’at, (14/1/2022).

 Muhdlor menilai lahan itu bisa kembali diproduktifkan oleh petani dengan catatan dibuatkan saluran irigasi baru. Bupati muda itu sudah minta ke Dinas PU BM SDA untuk membuatkan tiga saluran irigasi baru dengan lebar sekitar 3,5 meter dan panjannya sekitar 250 meter. Saluran irigasi ini akan tembus sampai Saluran Buangan atau Kali Balong.

“Segera akan kita buatkan saluran irigasi baru, nanti dibuatkan tiga saluran di lahan sawah ini supaya petani bisa kembali memanfaatkannya. Lahan kembali jadi produktif,” ujar Muhdlor.

Mengutip data dari Badan Pusat Statisik (BPS) tahun 2019 untuk lahan satu hektar bisa mengahasilkan padi giling sekitar 5.7 ton. Bila lahan di wilayah dusun Gempolrawan itu kembali diproduktifkan maka akan menghasilkan 131 ton dalam satu tahun. (Nuri)

Related posts

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *